10 November – Hari Pahlawan

Stie-Ibmt-Hari-Pahlawan-2017

LEADERS COMMUNITY STIE IBMT Surabaya – Hari ini 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Saat itu terjadi peperangan yang hebat terjadi di Surabaya antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda.

Latar belakang terjadinya peperangan ini adalah karena adanya insiden hotel yamato surabaya. Dimana ketika itu orang-orang belanda di bawah pimpinan Mr. Ploegman mengibarkan bendera Merah Putih Biru yaitu bendera Belanda di atas hotel Yamato di Surabaya. Hal ini tentunya membuat kemarahan di hati masyarakat Surabaya tatkala itu. Karena hal ini dianggap telah menghina kedaulatan bangsa Indonesia dan juga kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamirkan pada bulan Agustus tanggal 17 beberapa bulan yang lalu.

Hal ini membuat sebagian pemuda bertindak tegas dengan menaiki hotel yamato dan merobek berdera belanda warna birunya sehingga tinggal tersisa warna bendera bangsa Indonesia Merah Putih. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Oktober. Inilah yang memicu terjadi peristiwa bersejarah pertempuran 10 November tersebut.
Semangat tempur dan jiwa rela berkorban Arek-arek Suroboyo saat itu menyisahkan kebanggan dan membangkitkan jiwa nasionalisme bagi generasi sekarang ini.

STIE IBMT Surabaya menghimbau agar Arek-arek Suroboyo khususnya dan warga Indonesia umumnya tidak hanya menjadikan momen Hari Pahlawan untuk cinta kepada bangsa dan negara Indonesia. Tetapi di setiap waktu jiwa nasionalisame dan kecintaan kep[ada Indonesia selalu ada di wujudkan dengan tetap menjaga NKRI dan turut mengembangkan negara Indonesia menjadi negara yang maju di segala bidang.

Related Blogs

%d bloggers like this: