Apa Kata Lima Miliarder Soal Bitcoin?

Stie-Ibmt-Bitcoin

LEADERS COMMUNITY STIE IBMT Surabaya – Dalam beberapa waktu terakhir, mata uang digital bitcoin ramai dibincangkan di seluruh dunia. Bagaimana tidak, dalam setahun ini, nilai bitcoin telah menguat lebih dari 1.500 persen.

 

Penguatan ini telah membuat banyak investor pemula terpikat dan membeli bitcoin. Namun, banyak juga kritik yang mengkhawatirkan penguatan bitcoin pada akhirnya akan menimbulkan dampak yang berbahaya.

Lalu, bagaimana pandangan para investor dan miliarder mengenai bitcoin? Mengutip Forbes, Sabtu (16/12/2017), berikut ini adalah pandangan mereka mengenai mata uang digital tersebut.

 

1. Carl Icahn

Miliarder Carl Icahn yang juga merupakan investor kawakan dengan rekam jejak yang luar biasa mengatakan bahwa dirinya tidak memahami bitcoin.

“Saya tidak memahaminya. Jika Anda membaca buku-buku sejarah tentang bubble, inilah yang terjadi,” kata Icahn.

Banyak pihak memang memandang penguatan bitcoin akan menimbulkan risiko bubble. Kondisi bubble adalah ketika sebuah komoditas nilainya menguat sangat tinggi kemudian anjlok, menimbulkan gangguan pada stabilitas keuangan.

 

2. Warren Buffet
Miliarder dan investor kawakan Warren Buffett malah menyarankan untuk menghindari bitcoin. Penguatan bitcoin, diibaratkan Buffett seperti roket.

“Ide bahwa (bitcoin) memiliki nilai intrinsik yang besar adalah gurauan. Ini adalah cara memindahkan uang,” ujar Buffett.

 

3. Jamie Dimon

Adapun miliarder Jamie Dimon memiliki pandangan yang cukup ekstrim mengenai bitcoin. Dimon adalah CEO Goldman Sachs, salah satu bank terbesar di dunia.

” Bitcoin adalah bubble. (Para investor bitcoin) adalah orang-orang spekulatif, berpikir mereka bisa menjualnya dengan harga tinggi. Ini adalah bubble,” tutur Dimon.

 

4. Ken Griffin

Adapun miliarder Ken Griffin menyatakan, bitcoin bukan masa depan mata uang. Namun, Griffin mengaku dirinya tidak akan memandang bahwa bitcoin adalah sebuah kejahatan keuangan.

“Bitcoin memiliki banyak elemen seperti eforia bohlam Tulip,” ungkap dia.

 

5. Jerry Yang

Sementara itu, miliarder Jerry Yang, pendiri Yahoo menyebut, bitcoin belum bisa sepenuhnya dikatakan sebagai mata uang digital. Akan tetapi, Yang meyakini bahwa mata uang digital dapat memiliki peran besar di masyarakat.

“Namun untuk saat ini, tampaknya (bitcoin) didorong oleh ketertarikan untuk investasi dan memperoleh keuntungan, kebalikannya transaksi,” terang Yang.

 

STIE IBMT Surabaya berharap Anda lebih bijaksana dan mencari Informasi yang benar sebelum menginvestasikan uang Anda. Keputusan tetap ada ditangan Anda.

 

Sumber : Kompas.com – 16/12/2017, 13:30 WIB

Related Blogs

%d bloggers like this: