Hari Batik Nasional 2017

Stie-Ibmt-Batik-Nasional

STIE IBMT Surabaya mengucapkan selamat Hari Batik NAsional 2017

 

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Dalam situs resminya UNESCO tersebut juga menjelaskan bahwa Batik Indonesia mempunyai banyak makna serta simbol yang bertautan dengan kebudayaan lokal, status sosial, alam serta sejarah batik itu sendiri. Nah itulah penjelasan mengapa hari batik nasional selalu diperingati pada tanggal 2 Oktober. Sebagai anak bangsa hendaknya kita paham tentang peringatan hari batik nasional. Karena batik merupakan warisan budaya yang perlu kita jaga dan lestarikan.

 

STIE IBMT Surabaya berharap kepada generasi muda yang menjadi generasi penerus bangsa untuk menjunjung tinggi dan menghargai Batik sebagai kebanggan dan budaya bangsa Indonesia.

Related Blogs

%d bloggers like this: