Hari Lingkungan Hidup 2017

stie-ibmt-hari-lingkungan-hidup-2017

Hari Lingkungan Hidup merupakan perayaan tentang Pelestarian Lingkungan yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya secara serentak di seluruh dunia.

STIE IBMT Surabaya perlu mengingatkan kepada kita semua kalau kita hidup didalam dunia yang semakin tua. Hutan tidak selebat yang dulu lagi. Gunung-gunung tidak sehijau dulu lagi. Lapisan es di kutub utara tidak setebal dulu lagi. Embun pagi sudah jarang di perkotaan. Udara yang kita hirup tidak sebersih dulu lagi. Air sudah tidak sejernih dulu lagi. Dan banyak hal yang lainnya jika kita mau tuliskan satu persatu.

Maka kita perlu mengembalikan kepedulain kita akan dunia yang kita tempati ini, terutama akan alamnya. Pada Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2017 – PBB telah mengeluarkan tema resmi untuk perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017, dalam situs resminya UNEP merilis tema “Connecting People To Nature“.

Tema hari lingkungan “Connecting People to Nature” sendiri mengajak Kita semua untuk kembali berpikir bahwa manusia merupakan bagian dari alam semesta. Kehidupan manusia sangat bergantung pada alam, tentu ini memberikan peluang bagi manusia untuk mencari solusi yang tepat bagaimana menyelaraskan kebutuhan manusia dengan kelestarian lingkungan. Ini merupakan hubungan yang sangat Vital, karena manusia membutuhkan ruang untuk hidup seiring bertambahnya jumlah penduduk yang sudah barang tentu juga akan menambah kebutuhan akan sumberdaya.

Bagitu banyak keperluan hidup manusia yang disajikan oleh Alam, Oksigen, Air, Sumber makanan, Sumberdaya alam, dan lain sebagainya. Namun, akhir-akhir ini begitu banyak kerusakan di alam yang mengatasnamakan kebutuhan hidup seperti mengubah area resapan air menjadi komplek pemukiman, membunuh hewan untuk dijual, penyiksaan terhadap satwa liar, pembuangan sampah dan limbah di badan air.

Tentu tujuan utama dari dilaksanakan Hari Lingkungan ini bukanlah seremonial belaka, melainkan action nyata. Setiap masyarakat diharapkan ikut serta dalam mengelola lingkungan, untuk menunjukkan keikutsertaan dalam mendukung tema hari lingkungan hidup 2017 tidak harus mengikuti seremonialnya, ini dapat dilakukan dalam lingkup kecil yaitu keluarga dan tindakan keseharian.

STIE IBMT Surabaya mengajak kepada kita semua untuk peduli akan alam kita dan mulai bertindak secara nyata dimulai dengan tindakan kecil yang kita bisa lakuakan. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, mulai meninggalkan penggunaan plastik yang berlebihan, memakai air dengan bijaksana, mulai mengurangi pemakaian tisue, memakai listrik dengan hemat, tidak mencemari sungai, dll.

STIE IBMT Surabaya mengajak kita semua mulai menjaga bumi kita yang semakin tua ini dan mulai belajar memperbaiki pola hidup yang lebih ramah kelingkungan hidup. Jika kita mulai sekarang peduli kepada lingkungan maka anak cucu kita sebegai generasi yang akan menikmati bumi yang asri, yang bersih dan yang layak untuk ditinggali.

STIE IBMT Surabaya mengucapkan Selamat Hari Lingkungan Hidup 2017

Related Blogs

%d bloggers like this: