HONORABLE ACTION , GLORIOUS LIFE

stie-ibmt-school-of-management-leadership-a-glorious-life

Weekly Coordination yang dilaksanakan setiap hari Senin dipimpin secara langsung oleh Bapak Imam Wijoyo ( Chairman IBMT School of Management ) yang diikuti oleh Dosen , staff dan OA IBMT School of Management. Weekly Coordination kali ini membahas “ HONORABLE ACTION , GLORIOUS LIFE “. Menurut Bapak Imam Wijoyo HONORABLE ACTION tidak sama dengan GLORIUS LIFE , karena tidak semua “ Tindakan yang Terhormat “ yang dilakukan manusia akan menghasilkan “ Kehidupan yang Mulia “. Bapak Imam Wijoyo dalam Weekly Coordination kali ini membahas “ HONORABLE ACTION , GLORIOUS LIFE “ menjelaskan Paradigma tentang MULIA :

  1. MULIA >> Kemurnian , Kesucian , Kekudusan
    Untuk menghasilkan Emas yang murni ( mulia ) diperlukan peleburan dengan api yang sangat panas dan proses yang panjang , demikian juga proses manusia untuk menjadi MULIA memerlukan proses yang panjang, melelahkan dan bahkan mungkin menyakitkan. Tapi proses yang menyakitkan dan panjang ini diperlukan supaya memunculkan manusia yang MULIA.
  2. MULIA >> Kualitas Hati , Pikiran & Perilaku.
    Setelah manusia mengalami proses sehingga bisa menjadi murni, suci dan kudus maka otomatis akan beraplikasi terhadap Kualitas Hati yang murni, suci, kudus sehingga akan terpancar dari Pikiran & Perilaku manusia tersebut yang semakin mengejar Kebenaran dan Keadilan sehingga menjadi pribad yang berdampak positif bagi lingkungan sekitarnya.
  3. MULIA >> Bercahaya, Bersinar Kemuliaan.
    Inilah menjadi tujuan akhir setiap manusia yaitu menjadi pribadi yang bisa bercahaya/memancarkan Kemuliaan Tuhan disetiap aspek kehidupan kita. Bagaimana manusia bisa sesuai dengan kehendakNYA dan perintahNya supaya bisa semakin semakin MULIA dihadapanNYA.

Bapak Imam Wijoyo melalui Weekly Coord dengan tema “ HONORABLE ACTION , GLORIUS LIFE “ berusaha juga menyampaikan prinsip-prinsip MULIA kepada seluruh Dosen , Staff dan OA IBMT School of Management yaitu :

  1. Manusia Makhluk Mulia.
    Menyadari bahwa kita diciptakan Tuhan sebagai Makhluk Mulia lebih dari semua ciptaan-ciptaan yang telah Tuhan lakukan. Manusia lebih Mulia dari semua yang ada di alam semesta. Maka seharusnyalah manusia merasa bersyukur akan status ( High Quality Human ) ini.
  2. Misi Mengerjakan Pekerjaan Baik & Mulia.
    Setelah manusia sadar bahwa dia dicipta lebih Mulia dari semua mahluk ciptaan dan alam semesta maka setiap manusia seharusnya memanfaatkan status ini dengan berusaha menyelesaikan Misi yang Tuhan berikan kepada manusia, yaitu belajar mengerjakan Kebaikan dan Keadilan yang Tuhan inginkan dengan cara melakukan semua pekerjaan tersebut sebaik-baiknya dan berusaha agar pekerjaan tersebut benar-benar Mulia di hadapanNYA.
  3. Memuliakan Sang Maha Mulia.
    Inilah yang harusnya menjadi dasar segala sesuatu yaitu Memuliakan Sang Maha Mulia di segala aspek kehidupan yang kita kerjakan. Sebab tujuan manusia diciptakan adalah mengenapkan misi Tuhan serta memuliakan Sang Maha Mulia.

Sebagai penutup Weekly Coordination kali ini membahas “ HONORABLE ACTION , GLORIOUS LIFE “ beliau menyampaikan beberapa langkah yang harus dilakukan setiap Dosen, Staff dan OA IBMT School of Management , yaitu :

  1. BE AWARE
    Setiap manusia memiliki kesadaran bahwa ada nilai kemuliaan dalam diri manusia.
  2. GET OUT OF THE WAY.
    • Paling banyak biasanya dari dalam diri
    • Perlu memberi ijin untuk melangkah menjadi Mulia bukan membenarkan alasan2 yang menghambat dan mengikutinya. Untuk itu hiduplah dengan Mulia melalui kegiatan sehari2, keluarga dan pekerjaan2 kita
    • Challenge our self limiting Beliefs
  3. FIND THE GLORY BEHIND WHAT YOU DO
    Kita perlu sadar bahwa setiap pekerjaan yang Tuhan telah percayakan kepada kita seharusnya kita kerjakan sebaik2nya dan penuh tanggung jawab. Kita harus sadar tujuan dibelakang pekerjaan kita adalah menjalankan Amanat AgungNYA. Oleh sebab itu kita perlu menemukan apa yang mulia dlm setiap pekerjaan yang di percayakan bagi kita, sehingga kita tidak terjebak dlm rutinitas yang mekanik tapi mendapatkan makna dlm setiap hal.
  4. IT’S NOT ABOUT YOU ITS THRU YOU
    Inilah yang menjadi semangat kerja kita yaitu bagaimana kita tidak menjadi pribadi yang EGOIS yang menjadikan diri kita sebagai pusat segala sesuatu tetapi bagaimana kita merubah semangat kerja kita bisa menjadi berkat bagi banyak orang atau melalui kita banyak pihak yang terbantu. Karena ini bukan tentang kita, melainkan tentang bagaimana DIA bekerja melalui kita…perlu pergeseran fokus dari diri kita menjadi melalui kita.
  5. LET THE GLORY BELONG TO HIM
    Sebagai akhirnya marilah kita semua mengembalikan segala sesuatu bukan untuk kepentingan kita/manfaat kita sendiri tetapi mengembalikan segala sesuatu untuk Kemuliaan Nama Tuhan kita. Dan pada akhirnya biarlah semua makhluk melihat pekerjaan Mulia yang kita lakukan dan hasilkan , menikmatinya dan tersadar bahwa semua hal Mulia ini adalah dariNYA.

Meski manusia terangkat menjadi Mulia dari yang dikerjakannya namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada Sang Maha Mulia yang membimbing dan memuliakan Makhluk Mulia ini. IT’S ABOUT HIM ; AND THROUGH US…kita hanya alatNYA.(ns)

Related Blogs

%d bloggers like this: