Indonesia Masih Kekurangan Tenaga Kerja Kompetitif

Stie-Ibmt-Tenaga-kompetitif

LEADERS COMMUNITY STIE IBMT Surabaya – Indonesia merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Negeri ini memiliki pasar domestik yang sangat luas serta didukung sumber daya alam yang begitu kaya.

Bukan cuma itu, Indonesia menyimpan potensi tenaga kerja yang besar. Saat ini, Indonesia berada pada tahap perkembangan di mana kelompok usia muda dan produktifnya (di bawah usia 30 tahun) lebih besar dibandingkan populasi usia tuanya.

Angkatan kerja muda yang dinamis ini menjadi kunci pendorong bagi potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Menurut survei Asian Development Bank, Indonesia diprediksi mampu menumbuhkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB)-nya menjadi 5,1 persen pada 2017 dan 5,3 persen pada 2018.

Tidak hanya itu, Indonesia perlu menyiapkan lapangan kerja untuk tenaga semi terampil dan tenaga terampil yang saat ini sebesar 55 juta dan diprediksi akan menjadi 113 juta pada tahun 2030.

Pendidikan menjadi kunci untuk menciptakan tenaga kerja yang berdaya saing dan kompetitif. Sistem pendidikan yang lebih responsif serta sistem pelatihan yang lebih memadai diperlukan untuk menjawab tantangan-tantangan di atas.

Melalui pembenahan akses, kualitas lulusan di dunia kerja, manajemen sub-sektor dan kualitas serta relevansi program studi pendidikan politeknik, Indonesia diharapkan dapat menikmati tenaga kerja profesional yang terampil, berkualitas dan kompetitif pada era bonus demografi mendatang.

 

Sumber : Kompas.com – 18/12/2017, 19:01 WIB

Related Blogs

%d bloggers like this: