IPDP “Divergent” IBMT School of Management “Surabaya Heritage”

  • image
  • image
  • image
  • image

IPDP “Divergent” IBMT School of  Management pada hari ke-4 dilaksanakan di luar Kampus IBMT School of  Management dengan tema “Surabaya Heritage” bekerjasama dengan House of Sampoerna yang menyediakan bus khusus mengantarkan ke tempat2 yang bersejarah di kota Surabaya.

Acara ini dilaksanakan dengan konsep keliling kota Surabaya dengan Tujuan :

  1. Untuk mengenalkan kepada Mahasiswa Baru IBMT School of Management sejarah kota Surabaya.
  2. Mahasiswa Baru IBMT School of Management memiliki kecintaan dan kepedulian akan sejarah kota Surabaya.
  3. Mahasiswa Baru IBMT School of Management mendapatkan pengalaman secara pribadi/kelompok melalui konsep IPDP “Surabaya Heritage”.
  4. Menumbuhkan kerjasama dan bisa saling mengenal satu dengan yang lainnya shg menjadi satu keluarga besar IBMT.

IPDP “Divergent” STIE IBMT School of  Management dengan tema “Surabaya Heritage” dimulai dengan berkumpul di House of Sampoerna tempat “Surabaya Heritage Track” yaitu bus yg disediakan oleh House of Sampoerna secara gratis. Selama perjalanan “Surabaya Heritage” dengan menggunakan Bus yg disediakan oleh House of Sampoerna kami didampingi oleh Tour Guide yang menjelaskan tempat2 sejarah selama tour tersebut. Banyak tempat-tempat yang bersejarah dan bangunan-bangunan yang tua tetapi masih bisa dipergunakan sampai sekarang. Tetapi ada 2 tempat Utama yg Mahasiswa Baru STIE IBMT School of Management kunjungi dalam “Surabaya Heritage” yaitu :

  1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen ini setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

  1. Perkebunan Nusantara XI

PT Perkebunan Nusantara XI atau PTPN XI adalah bekas badan usaha milik negara (BUMN) agribisnis perkebunan dengan core business gula. Perusahaan ini bahkan satu-satunya BUMN yang mengusahakan komoditas tunggal, yakni gula, dengan kontribusi sekitar 16-18% terhadap produksi nasional. Sebagian besar bahan baku berasal dari tebu rakyat yang diusahakan para petani sekitar melalui kemitraan dengan pabrik gula (PG).

Walaupun demikian, secara umum sebagian besar unit usaha di lingkungan PTPN XI telah beroperasi sejak masa kolonial berkuasa di Hindia Belanda. Kantor Pusat PTPN XI sendiri merupakan peninggalan HVA yang dibangun pada tahun 1924 dan merupakan lambang konglomerasi industri gula saat itu. Bentuk perusahaan berulang kali mengalami perubahan dan restrukturisasi terakhir terjadi pada tahun 1996 bersamaan dengan penggabungan 14 PTP menjadi 14 PTPN.

PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) berkantor di Jalan Merak no. 1 Surabaya, mengoperasikan 17 unit usaha pabrik gula dengan wilayah kerja Jawa Timur, 4 rumah sakit dan 1 poliklinik, 1 pabrik karung plastik di Mojokerto dan 1 pabrik penyulingan Alkohol & Spiritus (Ethanol Distillery) di Lumajang.

Banyak manfaatdan pengertahuan baru  yang didapatkan selama acara IPDP “Divergent” STIE IBMT School of  Management dengan tema “Surabaya Heritage” bagi Mahasiswa Baru STIE IBMT, sehingga tak terasa tour keliling Surabaya yg berlangsung selama 1,5jam bisa berjalan dengan baik dan tidak terasa rombongan tour harus kembali ke tempat House of Sampoerna karena akan ada rombongan yang lainnya yang akan melaksanakan tour keliling Surabaya.

Kami selaku perwakilan STIE IBMT School of  Management sangat menghargai apa yang dilaksanakan oleh House Of Sampoerna melalui program “Surabaya Heritage Track” yang dilaksanakan secara gratis untuk mengenalkan sejarah kota Surabaya.

Jayalah kotaku Surabaya…

Jayalah “Surabaya Heritage”…

Jayalah IBMT School of  Management…

Blog Attachment

Related Blogs

%d bloggers like this: