Seminar Jadi Dosen itu Mudah

  • image
  • image
  • image
  • image

IBMT School of Management kembali mengadakan seminar yang bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan dan menjadi berkat bagi banyak orang yang mengikuti setiap seminar-seminar yang diadakan oleh IBMT School of Management. Kali ini IBMT School of Management melalaui LPPM STIE IBMT mengadakan Seminar Series dengan tema : “ JADI DOSEN ITU MUDAH “ pada hari Sabtu 28 Mei 2016 pukul 08.30 – selesai di International Room IBMT School of Management.

Pembicara Seminar “ JADI DOSEN ITU MUDAH “ adalah Bapak Yudithia Dian Putra ( Vice Chairman IBMT School of Management ) yang juga seorang dosen dan aktif sebagai anggota Forum Dosen Muda Indonesia sekaligus sebagai Penulis Buku. Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH berusaha untuk mengupas tentang pengetahuan dan pemahaman bagaimana dinamika dunia pendidikan tinggi dan karir menjadi dosen Indonesia. Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH diikuti oleh peserta yang tertarik untuk mengerti bagaimana menjadi Dosen maupun peserta yang ingin menambah pengetahuan mereka.

Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH dibuka oleh Bapak Handy Aribowo, ST.,MM ( Head LPPM ) sekaligus menjadi moderator Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH.
Bapak Handy membuka acara ini dengan menjelaskan dan membuka wawasan peserta Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH tentang beberapa hal, yaitu : TOP 20 Global MBA Rangking 2015 ,The Financial Times Global MBA Rangking, Asia University Rangking 2015 ( Asia Heavy Weights ; TOP 10 ) dan Best University Rangking 2015 – 2016 ( khusus Indonesia ).

Beliau juga menjelaskan Kreteria Perigkat Pergurun Tinggi yaitu :

  1. Kualitas Sumber Daya Manusia
  2. Kualitas Manajemen
  3. Kualitas Kegiatan Mahasiswa
  4. Kualitas Penelitian & Publikasi Ilmiah

Selanjutnya Bapak Handy selaku pimpinan LPPM menyerahkan waktu kepada Bapak Yudithia Dian Putra selaku pembicara utama Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH untuk memimpin seminar tersebut.

Bapak Yudith di awal Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH menjelaskan pendidik pada Perguruan Tinggi terdiri dari 3 yaitu DOSEN, INSTRUKTUR, dan TUTOR. Beliau menjelaskan menjabarkan apa saja yang menjadi perbedaan dari ketiga hal tersebut sehingga peserta Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH semakin mengerti dan tidak rancu akan pengertian ketiga hal tersebut.

Selanjutnya beliau menekankan untuk menjadi DOSEN harus sadar tujuan utama bukan mencari UANG ( walaupun disana jika mengerti caranya bisa mendapatkan banyak uang) karena ada jenjang Jabatan Akademik DOSEN ( Tenaga Pengajar , Asisten Ahli , LEKTOR , LEKTOR KEPALA dan GURU BESAR ) tetapi tugas utama DOSEN adalah melaksanakan TRIDHARMA Perguruan Tinggi yaitu :

  1. Sebagai Pendidik
  2. Sebagai Peneliti
  3. Mengabdi pada Masyarakat

Bapak Yudith juga menjelaskan BEASISWA DOSEN dan PROSPEK KARIR kepada peserta Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH.  Banyak hal yang dijelaskan beliau bagaimana Beasiswa yang diperuntukkan bagi Dosen dan bagaimana cara mendapatkan serta kiat-kiat supaya beasiswa bisa diperoleh melalui proses yang mudah dan benar kepada peserta Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH.

Beliau juga menjelaskan tentang Prospek Karir yang menjanjikan jika menjadi Dosen kepada peserta Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH. Tapi sekali lagi, yang perlu diingat tujuan utama bukan UANG tapi memenuhi panggilan utama Dosen yaitu sebagai Pendidik , sebagai Peneliti dan mengabdi kepada masyarakat.

Acara Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Bahkan sesi tanya jawab ini oleh Bapak Yudith dijadikan porsi yang lebih banyak dari pada materi Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH. Peserta seminar justru memanfaatkan sesi tanya jawab ini secara maksimal karena banyak hal yang belum dimengerti oleh peserta seminar terutam mereka yang tertarik untuk menjadi Dosen. Suasana hangat tercipta melalui tanya jawab tersebut sebab Bapak Yudith selaku pembicara Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH menjawab secar terbuka dan membagikan pengalaman-pengalaman beliau selama menjadi Dosen.

Justru melalui pengalaman-pengalaman beliau peserta Seminar JADI DOSEN ITU MUDAH semakin mengerti seluk beluk menjadi Dosen , bagaimana cara mudah untuk menjadi Dosen , cara menjadi Dosen yang berintegritas , cara mendapatkan beasiswa khusus untuk Dosen serta Jenjang Karir menjadi Dosen.(ns)

Blog Attachment

Related Blogs

%d bloggers like this: