Kebiasaan Orang Sukses yang Harus Anda Miliki

stie-ibmt-kebiasaan-orang-sukses

Leaders Community IBM Class – Professional Class & Magister Management Program STIE IBMT Surabaya untuk meraih kesuksesan bukanlah seperti membalikkan telapak tangan.

Kesuksesan bisa diraih jika kita bersungguh-sungguh untuk melakukan suatu hal yang menjadi passion dalam diri.

Tantangan datang bertubi-tubi namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang untuk meraih kesuksesan. Ikuti prosesnya dan jadilah orang yang tahan banting terhadap semua tantangan yang ada.

Kedisiplinan memiliki peranan penting dalam meraih kesuksesan.
Disiplin di sini maksudnya adalah melakukan segala hal dengan tepat guna dan tepat waktu. Mulailah dengan melakukan kebiasaan kecil terlebih dahulu sebelum beralih pada kebiasaan yang memiliki dampak yang besar dalam kehidupan.

Ketika melihat orang sukses, kita sering kali merasa iri dan bertanya-tanya dalam hati “Apa sih yang membuat mereka berbeda? Mengapa mereka bisa sukses seperti sekarang?” Takaran kesuksesan dalam diri setiap orang memang berbeda. Namun, tidak ada salahnya bukan jika kita mengintip atau meniru kebiasaan mereka?

 

Berikut adalah kebiasaan orang sukses yang perlu diketahui : 

1. Fokus pada Kegiatan Hari Ini

Orang sukses memiliki sejuta pekerjaan yang harus ia lakukan, mulai dari memikirkan bagian manajemen, produksi, marketing, dan mengawasi karyawan.

Untuk bisa menjadi sukses, cobalah untuk fokus hanya pada satu kegiatan setiap harinya. Misalnya Hari Senin untuk memikirkan bagian manajemen, Hari Selasa untuk bagian produksi, dan seterusnya.

Dengan fokus pada satu unit kegiatan, kita bisa lebih mengetahui perkembangan dan kelemahan pada unit kegiatan tersebut. Dengan demikian, kita bisa menemukan solusi yang tepat untuk segera mengatasi kelemahan itu.

2. Rencanakan Kegiatan Satu Hari Sebelumnya

Tanpa sebuah perencanaan, kita tidak dapat mengetahui kegiatan apa yang akan dilakukan di hari berikutnya. Kalau sudah begini, tujuan apa yang hendak dicapai?

Kebanyakan orang sukses rela meluangkan waktunya di malam hari untuk memikirkan hal yang akan dilakukannya pada hari esok. Jadi, ia mempunyai tujuan yang jelas ketika bangun pagi.

Memang, apa yang kita inginkan tidak selalu sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Namun tanpa adanya sebuah rencana, semuanya lebih sia-sia. Setuju, tidak?

3. Banyak Membaca Buku

Selain mendapatkan ilmu, membaca buku juga terbukti ampuh dapat memberikan banyak inspirasi. Orang sukses kerap kali meluangkan waktu setiap harinya untuk membaca buku. Misalnya Bill Gates yang meluangkan waktunya selama 1 jam sebelum tidur untuk membaca buku.

Tidak ada batasan waktu yang perlu kita tetapkan untuk membaca. Yang terpenting, kita harus meluangkan waktu untuk hal kecil ini.

4. Open Minded

Open Minded atau berpikiran terbuka merupakan salah satu cara untuk meraih kesuksesan. Memperhatikan apa yang ada di lingkungan sekitar dan terbuka terhadap ilmu serta opini baru membuat kita lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.

Open minded disini bukan dimaksudkan untuk setiap aspek dalam kehidupan. Namun lebih mengarah pada kepekaan terhadap perkembangan positif yang terjadi dalam lingkungan bermasyarakat.

5. Hidup Sehat

Kesehatan memiliki impact atau pengaruh langsung untuk meraih kesuksesan. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa lebih berpikiran jernih sehingga banyak ide-ide baru yang bermunculan.

Memiliki pola hidup sehat bisa diawali dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga. Kalau sudah begini, penyakit pun akan sungkan untuk datang menghampiri, sehingga kita lebih produktif untuk bekerja.

6. Dikelilingi Orang-Orang Cerdas

Orang sukses tidak pernah sungkan untuk berada diantara orang-orang cerdas. Malahan, ia akan senang jika hal ini terjadi.

Mengapa? Berkolaborasi diantara orang-orang cerdas akan memaksa kita untuk berpikir hingga mencapai limit atau batas kemampuan yang ada. Kita juga cenderung akan menyamakan pola pikir kita dengan orang-orang yang ada di sekeliling.

7. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Belajar adalah sesuatu yang tidak pernah lepas dari kehidupan. Selama kita masih bisa bernapas dan menikmati indahnya dunia, proses belajar akan selalu ada. Proses belajar di sini bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun.

Banyak hal-hal baru yang muncul dalam hidup. Itulah yang membuat kita ingin terus belajar. Belajar memperbaiki diri juga menjadi elemen yang penting, agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Itulah kebiasaan orang sukses yang wajib diikuti. Kesuksesan itu datang dari diri sendiri, bukan dari orang lain. Jadi kalau Anda ingin sukses, lakukanlah hal positif, terbaik, dan selalu fokus pada passion untuk mencapai tujuan.

Sumber : Liputan6.com10 Jul 2017

Related Blogs

%d bloggers like this: