LEGO PRINCIPLE

stie-ibmt-school-of-management-lego principle

Ini adalah Weekly Coord pertama kali yg IBMT School of Management laksanakan pada awal tahun 2017.
Kami keluarga besar IBMT School of Management bersyukur kalau kami masih diberi kesempatan oleh Tuhan utk bisa memasuki tahun 2017. Tentunya ada banyak hal-hal yg harus kami semua laksanakan dan melalaui Weekly Coord ini kami di ingatkan oleh Bp. Imam Wijoyo (Chairman IBMT School of Management) melalui sharing yg beliau berikan yg di beri judul LEGO – PRINCIPLE.
Beliau menyampaikan Weekly Coord “LEGO-Principle” bahwa permainan yg sdh ada sejak lama ini mengalami perkembangan dan mengalami perubahan pada saat ini. Permainan menyusun LEGO menuntut kreatifitas dan imajinasi seseorang.
Ada 14 point yg penting yg bisa dipelajari dari permainan LEGO, namun pertemuan ini beliau menyampaikan 7 point terlebih dahulu, yaitu :
1. Connecting at the top & bottom.
Dalam merangkai piece2 LEGO bisa di susun baik dari bagian atas dan bagian bawah ini menggambarkan adanya koneksi bagian atas yaitu koneksi kepada Tuhan dan koneksi bagian bawah yaitu koneksi dengan sesama.

2. Plastic Blocks that transform
Piecie2 LEGO yg terbuat dari blok2 plastik saat dirangkai menjadi sesuatu wujud atau bentuk yg banyak (ex: kapal, pesawat, rumah, jembatan, dll) menunjukkan bagaimana seseorang bisa berimajinasi dan berkreasi tentang apa yg mereka pikirkan, yg mereka pelajari, yg mereka inginkan menjadi sesuatu yg komples dan berguna. Yg bisa berkoneksi secara langsung dg sesama dan kepada Tuhan dlm kehidupan ini.

3. Each piece has the capacity to connect.
Setiap bagian2 memiliki peran dan fungsi masing2 dan sama2 saling berguna demi membentuk sesuatu (baik yg memiliki 6 titik, 4 titik, 2 tititk, dll). Setiap bagian memiliki koneksi antar bagian. Dan yg menarik ada bagian2 yg bisa dihubungkan dg semua bagian tetapi ada bagian2 tertentu yg hanya bisa dikoneksikan utk bagian2 tertentu saja.

4. What Lego can create.
Lego bisa di buat dengan bermacam2 bentuk, design tetapi ada yg hanya utk bentuk2 tertentu saja (saat membuat memerlukan perubahan2/memugar/mencopot bagian2 tertentu) ini menunjukkan dalam membangun koneksi atau hubungan dengan sesama memerlukan kepercayaan dan membutuhkan kerelaan utk mengampuni dan koneksi yg sangat kuat agar tdk gampang pecah.

5. Engraving the Trademark & Symbol
Perbedaa LEGO yg asli dengan yg lainnya adalah ada simbol2 dalam setiap bagian2 permainan tersebut dan ketepatan dalam menghubungkan dengan bagian yg lain (dan ini tdk dimiliki oleh yg palsu).
Ini menunjukkan ketika kita percaya kpd Tuhan maka akan ada koneksi yg benar dengan DIA dan membuat kita mempercayakan hidup kita kepadanya tanpa ada kekawatiran.

6. Endless possibilities of combination
2 Lego yg memiliki 8 titik bisa di kombinasikan dg 24 cara.
3 Lego yg memiliki 8 titik bisa di kombinasikan dg 1.060 cara.
6 Lego yg memiliki 8 titik bisa di kombinasikan dg 102.981.500 cara.
Ini menunjukkan saat kita berelasi atu berhubungan dengan menggunakan Cinta Kasih kepada sesama. Saat kita berikan Cinta kasih yg besar maka akan menghasilkan hubungan relasi yg semakin baik.

7. Tube Coupling System.
Ketika kita memindahkan bagian2 yg telah terpasang bisa dengan mudah dan tiodak akan merusak yg lain.
Ini menunjukkan relasi atau hubungan yg baik dan penuh cinta kasih dan memiliki dasar yg kuat karena saling berelasi, jika suatu saat ada yg perlu di pindahkan atau di alihkan ke tem[at yg lain maka tdk akan merusak kepada bentuk yg telah ada. Serta adanya kemauan utk bisa dipindahkan dan dipasangkan dg bagian yg lain.
Inilah 7 point penting yg kami pelajari saat Weekly Coord melalui permainan LEGO yg memiliki pelajaran2 yg sangat berharga jika bisa dipraktekkan dalam lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehari2…GBU (ns)

Related Blogs

%d bloggers like this: