SELAMAT & SUKSES UNBK SMK 2019

WhatsApp Image 2019-03-25 at 14.50.47

Temen” SMK kelas XII saat ini sedang menempuh UNBK 2019.
Maka dari itu STIE IBMT memberikan beberapa Tips untuk Temen” SMK kelas XII dalam menghadapi UNBK 2019 :

1. Persiapan Mental

Hal yang perlu diperhatikan adalah kesiapan mental kamu. Seringkali meski sudah melalui tahap try out yang terus menerus, namun tetap saja pada hari H ujian siswa selalu khawatir dan merasa gugup. Hal ini disebabkan oleh ketidak-siapan mental peserta UNBK. Terlebih lagi jika komputer yang akan digunakan tes mengalami masalah, maka hal ini akan menimbulkan rasa panik yang luar biasa.

Padahal justru ketika terjadi sesuatu, peserta  UNBK harus tetap tenang agar bisa memikirkan solusi. Selain itu, rasa panik dan gugup membuat siswa kesulitan dalam berkonsentrasi serta berpikir kritis sehingga terkadang siswa kerap kali salah menjawab atau tidak bisa menjawab soal UNBK meski soal yang diberikan mirip dengan soal ujian try out yang sudah dikerjakan sebelumnya.

2. Jaga Kesehatan Tubuh

Sebelum dan selama masa UNBK, peserta harus memperhatikan kesehatan tubuh. Tubuh haruslah dalam keadaan berstamina dan fit setidaknya dari 3 hari sebelum hari H ujian berlangsung. Kesehatan tubuh seringkali menjadi faktor utama terkendala-nya pelaksanaan UNBK. UNBK menerapkan ujian berbasis komputer yang sudah di-setting dengan program yang otomatis menyimpan jawaban siswa.

Karena berbasis komputer yang telah disetting, maka siswa yang berhalangan hadir karena sakit akan kesulitan untuk melaksanakan ujian susulan. Berbeda dengan ujian manual yang menggunakan kertas sebagai media menjawab soal. Siswa yang berhalangan hadir karena alasan sakit dan sebagainya bisa ditemui langsung di kediaman untuk mengerjakan soal bila ujian dilaksanakan dengan cara manual.

3. Atur Jadwal Senyaman Mungkin

Jika pada hari biasa peserta UNBK hanya memiliki waktu sekitar 1-2 jam saja belajar di rumah, maka ketika hendak melaksanakan UNBK, sebaiknya jadwal belajar lebih intens. Misalnya sehari menargetkan untuk belajar selama 3-4 jam lamanya. Misalnya jam 1 belajar sampai jam 2, kemudian dilanjutkan jam 3 sampai jam 4. Begitu seterusnya hingga jika di total lama belajar mencapai 3-4 jam.

4. Rajin Berlatih dengan Soal Ujian dan latihan Soal

Soal latihan dan kisi-kisi ujian dapat di akses dengan mudah oleh siswa baik melalui guru maupun melalui media elektronik seperti internet. Meski latihan soal yang dikerjakan dengan soal yang keluar ketika ujian tidak sama persis, namun siswa memiliki gambaran terkait seperti apa soal yang akan dihadapi serta bagaimana menyelesaikan soal tersebut. khususnya soal yang berbasis perhitungan.

Peserta juga bisa melihat soal ujian tahun lalu yang biasanya disimpan oleh sekolah dan menjadi berkas sekolah. Materi serta penyelesaian soal dari tahun ke tahun memang tidak berbeda jauh, hanya saja terkadang siswa terkecoh dengan pertanyaan yang dibuat sedikit berbeda. Inilah yang perlu dipelajari dan dilatih secara terus menerus oleh siswa. Jika tidak sering berlatih maka siswa akan mudah terkecoh.

5. Mengikuti Bimbel dan Kelompok Belajar

Tips yang cukup ampuh dan sering dilakukan oleh peserta UNBK sebelumnya adalah mengikuti kegiatan belajar di luar sekolah. Kegiatan belajar di luar sekolah yang dimaksud adalah mengikuti kelompok bimbingan belajar atau membuat kelompok belajar sendiri. dengan cara tersebut siswa mendapat tambahan materi dan informasi terkait soal UNBK baik dari teman maupun pengajar.

6. Jangan Memaksakan Diri

Meski waktu belajar lebih diketatkan, namun otak juga perlu diistirahatkan dengan hal-hal yang menyenangkan. Studi membuktikan ketika manusia belajar, rata-rata otak manusia akan fokus dan berkonsentrasi 100% pada 20 menit pertama saja. Selebihnya otak mulai memikirkan hal-hal lain dimana kondisi tersebut sudah dianggap tidak konsentrasi lagi. Itulah mengapa dalam belajar perlu beristirahat.

7. Berdo’a

Setelah usaha fisik dilakukan seperti belajar dan berlatih, selanjutnya jangan lupa untuk membekali diri dengan do’a sebagai asupan batin manusia. Ketika manusia berdoa dengan sungguh-sungguh, hati akan menjadi lebih tenang dan damai serta pikiran buruk dan pesimis dapat dihilangkan. Berdoalah setiap waktu agar dilancarkan setiap langkah.

– lulus UNBK 2019 100% –

 

Sumber : wirahadie.com

Related Blogs

%d bloggers like this: