STIE IBMT Adakan Kuliah Online, Dosen Berikan Respon Positif

kuliah online stie ibmt

Pandemi Covid-19 membuat berbagai elemen kegiatan masyarakat mengalami perubahan yang cukup signifikan. Salah satunya yang juga terdampak adalah sektor pendidikan. Kelas-kelas pembelajaran maupun perkuliahan menjadi diliburkan. Siswa dan guru diharapkan dapat belajar dari rumah (study from home) untuk dapat menjaga penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. Salah satunya adalah STIE IBMT yang menerapkan sistem perkuliahan daring (online) agar mahasiswa tetap dapat belajar dari rumah di tengah pandemi ini.

STIE IBMT memulai perkuliahan daring untuk para mahasiswa sejak tanggal 23 Maret 2020. Sebelumnya, Wakil Ketua bidang akademik beserta para dosen mempersiapkan sistem pembelajaran daring yang akan diberikan pada mahasiswa.

Ketua STIE IBMT, Dr. (can) Aris Winarto, S.Pd., M.M., memberikan apresiasi kepada para dosen yang aktif dan bersemangat untuk mendesain pembelajaran daring bagi para mahasiswa. “Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap teman-teman dosen yang turut aktif merancang pembelajaran daring untuk para mahasiswa. Hal ini perlu kita dukung.” Tegasnya.

Kini, kegiatan perkuliahan daring telah satu minggu dijalani oleh para dosen dan mahasiswa. Tidak hanyak Ketua STIE IBMT yang memberikan semangat, nyatanya para dosen pun turut memberikan respon positif dari diadakannya perkuliahan daring ini.

Persiapan Perkuliahan Daring oleh Dosen STIE IBMT

Seperti yang disampaikan oleh Handy Aribowo, S.T., M.M., beliau memberikan respon positif dari diadakannya perkuliahan daring ini. Dalam satu minggu, Handy mengajar sebanyak 3 kali yang berjumlah 9 SKS. Beliau juga memaparkan aplikasi apa saja yang digunakan dalam kegiatan perkuliahannya. “Saya menggunakan dua aplikasi, Zoom dan EdLink.” Ujarnya. Handy kemudian melanjutkan, ada beberapa hal penting yang harus disiapkan sebelum perkuliahan daring ini dilaksanakan, yaitu materi dan koneksi internet yang stabil. Tak lupa, Handy pun memberikan respon positif, “Mahasiswa sangat interest dengan adanya perkuliahan daring ini. Saya rasa mahasiswa STIE IBMT sudah siap dengan diberlakukannya kuliah online ini.” Ujarnya kembali.

Baca juga : Waspada Pandemi Covid-19, STIE IBMT Adakan Kuliah Daring

Respon positif tidak hanya datang dari Handy Aribowo, S.T., M.M., saja. Fandora Yusuf, S.E., M.M., salah satu dosen di STIE IBMT memberikan komentar positif dengan diadakannya perkuliahan daring ini. Fandora pun menegaskan banhwa mahasiswa penuh dan interaktif memberikan respon saat perkuliahan dimulai. Fandora juga menjelaskan aplikasi apa saja yang digunakannya saat kegiatan perkuliahan daring. Salah satu aplikasi yang digunakan adalah podcast. Oleh karena itu dirinya menyatakan salah satu persiapan yang dilakukannya adalah konten audio dari materi perkuliahan tersebut.

Pandemi Covid-19 yang dimulai sejak akhir tahun 2019 telah menimbulkan banyak korban di seluruh dunia. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia memberikan kebijakan bagi institusi pendidikan untuk dapat menerapkan kegiatan pembelajaran secara daring agar pelajar tetap dapat mengakses kegiatan pembelajaran meskipun sekolah dan kampus diliburkan.