STIE IBMT Surabaya mengucapkan Selamat Hari Buku Nasional

STIE-IBMT-SURABAYA-HARI-BUKU-NASIONAL

STIE IBMT Surabaya mendukung adanya budaya membaca. Sebagai institusi pendidikan STIE IBMT Surabaya sangat mendukung pemerintah menetapkan 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional.

Gagasan diperlukannya peringatan Hari Buku Nasional lahir dari kekhawatiran akan minat baca dan tingkat melek huruf yang rendah di Indonesia kala itu. Sehingga setiap tahunnya, tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan didirikannya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980 silam. Peringatan Hari Buku Nasional disahkan oleh mantan Menteri Pendidikan Nasional, Abdul Malik Fadjar pada 2002.

Kondisi minat baca bangsa Indonesia memang cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Padahal, dari segi penilaian infrastuktur untuk mendukung membaca peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa.

STIE IBMT Surabaya berharap rakyat Indonesia memiliki kesadaran akan pentingnya membaca. Budaya membaca harus di pupuk sejak dini (sedari kecil). Keluarga berperan besar dalam menanamkan budaya membaca.

Selamat Hari Buku Nasional

Related Blogs

%d bloggers like this: