THE ART OF SELLING YOURSELF

smc_the_eart_of_selling

Kembali Success Mastery Club ( SMC ) bekerjasama dengan IBMT School of Management mengadakan Workshop 2 minggu sekali yang diadakan hari Rabu 4 Mei’ 16 pukul 19.00 – 21.00i di International Room IBMT School of Management Jl. Raya Kupang Baru no 8 Surabaya. Kali in dengan tema The Art of Selling Yourself dengan pembicara Bp.David Pranata. Workshoop ini tdk di pungut biaya / free dan terbuka utk umum.

Bp.David Pranata adalah seorang pembicara, trainer dan penulis yang berfokus di bidang Komunikasi dan Presentasi. Dan dalam workshop ini  beliau menjelaskan tentang The Art of Selling Yourself ( Cara Mudah dan Efektif Menjadi Pribadi Menarik dan Disukai Orang Lain ). Beliau membagi Workshop ini menjadi 3 hal yang paling utama yaitu :

  1. Cara Membangun Kesan Pertama.
  2. Cara membangun Rapport ( hubungan ).
  3. Cara berkomunikasi Efektif.

Lebih lanjut Bp.David Pranata menjelaskan kpd peserta Worksop tentang The Art of Selling Yourself ( Cara Mudah dan Efektif Menjadi Pribadi Menarik dan Disukai Orang Lain ) ketiga hal tersebut diatas

  1. Cara Membangun Kesan pertama
    1. Bangun image yang percaya diri dan antusias.Yaitu dengan membangun Rool Model. Beliau memberikan contoh bergosip , bagaimana saat orang bergosip mereka melakukan itu dengan semangat atau dengan antusias. Begitu jg saat kita membangun image harus dengan percaya diri dan semangat yang antusias.
    2. Cara berjabat tanganBeliau mengajarkan kepada peserta cara berjabat tangan yang benar. Karena ada banyak tipe berjabat tangan dan jika peserta bisa memulai berjabat tangan yang benar maka akan menimbulkan kesan pertama yang baik.
    3. Proxemics atau studi tentangpenggunaan konsep personal spaceYaitu saat melakukan komunikasi dengan orang yang baru kita kenal. Kita hrs memperhatikan jarak saat kita berkomunikasi dengan orang tersebut, jangan terlalu jauh ataupun jangan terlalu dekat tapi jarak yang sewajarnya.
    4. Cara berpakaianIni harus di perhatikan saat bertemu dengan orang lain yaitu cara berpakaian, bukan hanya rapi tapi harus menyesuaikan konteks pertemuan. Contoh : saat pertemuan di pesta hrs menggunakan baju pesta , saat pertemuan di arena sport atau lapangan olah raga hrs memakai baju sport , jika pertemuaan di acara formal yang mengharuskan memakai jas maka kita juga hrs memakai jas.
    5. Ingatlah nama orang lainNama bagi orang secara pribadi adalah penting. Saat kita bisa mengingat nama orang lain maka bagi mereka itu akan menimbulkan kesan yang baik. Cara mengingat nama adalah dengan cara anggap nama orang lain itu adalah orang penting.
  2. Cara Membangun Rapport ( hubungan )
    1. Change your attitude
    2. Bangun kesamaan
    3. Bangun kesamaan tentang cara berbicara dan bahasa tubuh
  3. Cara Komunikasi yang Efektif
    1. Don’t try to be interesting..but be interested in people
    2. Skill
      • Kemampuan dalam mendengar
        1. Sending.Teknik memperhatikan , fokus disertai dengan bahasa tubuh yang sesuai.
        2. Intepreting. Teknik mendengarkan dengan menggunakan hati bukan hanya kepala ( pikiran ).
        3. Respond. Teknik para frase dan bertanya pada saat berkomunikasi
      • Kemampuan dalam bertanyaDibagi menjadi 2 hal yaitu pertanyaan yang sifatnya terbuka dan pertanyaan yang sifatnya tertutup.

Demikianlah selama 2 jam Bp.David Pranata selaku pembicara workshop The Art of Selling Yourself menjelaskan kpd perserta dan memberikan praktek cara berkomunikasi dan memberikan tips2 shg setiap paserta wokshop The Art of Selling Yourself semakin mengerti dan mendapatkan banyak ilmu yang bisa memberikan inspirasi kpd peserta workshoop utk mengerti Cara Mudah dan Efektif Menjadi Pribadi Menarik dan Disukai Orang Lain.

Related Blogs