Traits Apa yang Dibutuhkan Pemimpin Zaman Now?

Stie-Ibmt-Pemimpin-Jamannow

LEADERS COMMUNITY STIE IBMT Surabaya, Vice President Thomas International Indonesia (Melinda Kusnandi) mengadakan polling mengenai traits apa yang dibutuhkan pemimpin saat ini?. Pooling tersebut dilakukan kepada ratusan peserta yang menghadiri ajang penghargaan Creating Leader From Within 2017 yang diselenggarakan Majalah SWA pada Rabu, 15/11/2017 di Jakarta.

Hasil pooling menunjukkan ada 5 hal yang dipilih peserta sebagai traits yang harus ada pada seorang pemimpin masa kini yakni agile, humble, digital mindset, kreatif dan inovatif. Menurut Melinda, hasil tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil survei yang sudah dilakukan pihaknya kepada 110 CEO di Indonesia.

Survei tersebut menunjukkan hasil, ada 6 traits yang dibutuhkan oleh pemimpin masa kini.

Pertama, consciousness adalah bagaimana seorang pemimpin memiliki self motivation dan drive to achieve. “Atau dalam bahasa lainnya adalah memiliki etos kerja yang baik,” jelas Melinda.

Kedua, adjustment dalam hal daya tahannya terhadap tekanan dan stres dalam pekerjaan. Sebagai pemimpin seseorang harus cerdas mengelola stresnya, karena hal tersebut sudah pasti ada dalam pekerjaan.

Ketiga, curiosity, rasa ingin tahu mengenai hal-hal baru, kemudian mempelajari dan mengadopsinya. “Yang diukur dalam hal ini adalah kecepatannya belajar dan mengadopsi hal-hal baru yang baik untuk kemajuan organisasi,” jelasnya.

Keempat, kemampun membuat pendekatan yang tepat untuk menghadapi risiko atau situasi sulit dalam organisasi.

Kelima, ambiguity acceptence, bagaimana seorang pemimpin tetap mampu produktif di dalam kondisi yang ambigu. “Ini yang cukup relevan dengan kondisi sekarang,” jelas Melinda.

Keenam, adalah kemampuan berkompetisi. Seorang pemimpin harus bisa bersaing secara sehat, memiliki hard skill dan soft skill untuk kompetisi yang sehat guna mendapatkan posisi yang punya kekuatan dan pengaruh dalam perusahaannya.

“Jadi itulah yang kami prediksi akan sangat dibutuhkan dalam diri seorang pemimpin di masa depan, ”jelasnya.

Sumber : www.Swa.co.id – November 16, 2017

Related Blogs

%d bloggers like this: